integralitas komponen Ruang Organisasi


Organisasi mempunyai arti penting dalam kehidupan manusia, karna dalam keseharianya manusia pasti berkaitan dan berinteraksi dengan organisasi, oleh sebab itu untuk menunjang keberlangsungan dalam organisasi di perlukan kompenen komponen yang mengisi ruang organisasi, supaya organisasi ini stabil di dalam lingkungannya baik lingkungan internal maupun eksternal.

Untuk menunjang elekstabilitas organisasi dalam beroperasi di perlukan keseimbangan, organisasi tidak bisa condong dalam satu komponen saja, karna organisasi perlu bersinggungan dengan sosial kemasyarakatan. Sehingga acuan dalam menata ruang organisasi dapat di petakan sebagai berikut:

  1. Organisasi sebagai mesin atau mechanic organization, yaitu dimana dalam berorganisasi ini, untuk mencapai visi dan misi yang telah ditentukan bersama maka perlu adanya kinerja para anggota dan semua yang ada dalam organisasi tersebut dengan teratur. Yaitu: a. Kegiatanya bersifat mekanis, teratur dan anjeg, b.fragmated, dan singgle activity, c. Networking, d. Kegiatanya bersifat herarkis (berawal dari satu ujung dan beakhir pada ujung ya ng lain).
  2. Organisasi sebagai organisme, yaitu organisasi ini sebagai layaknya mahkluk hidup, yang mana dalam organisasi selalu terjadi perkembangan, dan mempunyai sumberdaya yang cukup untuk, serta beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  3. Organisasi sebagai tempat berpikir (brain), yaitu dimana organisasi merupakan tempat untuk mengelola informasi dan melakukan proses pembelajaran serta mampu membuat keputusan.
  4. Organisasi sbagai sistem budaya, yaitu  kesamaan keyakinan, tata nilai, dan asumsi dimana hal tersebut menjadi landasan untuk menginterprestasikan setiap tindakan.
  5. Organisasi sebagai arena politik, karna organisasi mempunyai kekuatan (power) yang tertuju pada kekuasaan untuk mengatasi persoalan persoalan yang timbul dalam organisasi.
  6. Organisasi sebagai alat pengendali psikis, setiap orang yang ada dalam organisasi ini kekebasanya harus sesuai deng rule yang telah ditetapkan bersama, untuk menunjang kesuksesan tugas tugas yang telah di embanya.
  7. Organisasi sebagi tempat perubahan dan alat transpormasi, karna dalam organisasi selalu mengalami perubahan karna dengan adanya kondisi kondisi paradoksal.
  8.  Organisasi sebagai alat dominasi, organisasi juga sebagai bentuk untuk mendominasi kelompok lain untuk mencapai tujuannya.

    9.Organisasi sebagai kekeluargaan, yaitu timbulnya hubungan emosional yang tinggi antar anggota, sehingga dapat menyatukannya sifat kasih sayang dan saling menghormati, serta timbulnya kepemahaman sikap dan sifat satu sama lainnya

    Dari sembilan komponen tersebut harus selalu ditanamkan dalam berorganisasi, demi keberlangsungan organisasi. semoga hal ini mampu di aplikasikan oleh smua kaum organisatoris, sehingga dapat mencegah timbulnya konflik yang berkepanjangan antara satu sama lainnya.

    konflik dalam organisai memang bagian dari proses pembelajaran, akan tetapi konflik yang berkepanjangan akan merong rong organisasi tersebut. dan membunuh karakter antar angotanya.

2 thoughts on “integralitas komponen Ruang Organisasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s