Tips Berfoto Saat Kondisi Minim Cahaya Bagi Pemula


foto-malem

Fotografi kini bukan lagi hobi yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan yang memiliki uang banyak. Berbekal smartphone sudah banyak orang bisa menjalankan aktifitas potret-memotret ini. Pasalnya kian banyak dijumpai ponsel pintar yang telah membenamkan fasilitas kamera bagus. Dan harganya pun jauh lebih terjangkau ketimbang perangkat kamera digital DSLR yang dibanderol mahal.

Sayangnya tak semua pengguna ponsel berkamera bisa memotret dengan hasil memuaskan. Apalagi saat kondisi pemotretan dalam suasana cahaya kurang alias minim cahaya. Pasalnya untuk memperoleh hasil jepretan kamera yang bagus, idealnya pencahayaan pun kudu memadai.

Ada beberapa tips praktis nan sederhana bagi pengguna pemula yang ingin memanfaatkan kameranya untuk mendapatkan hasil potret optimal di kondisi pencahayaan remang (indoor), termasuk saat di malam hari. Cara-caranya memang kelewat simpel, tapi tak ada salahnya dicoba.

– Pakai Senter Smartphone Lain
Rata-rata ponsel kekinian sudah dilengkapi dengan fitur flashlight (senter). Nah, fitur ini tentu bisa dimanfaatkan sebagai bala bantuan saat ingin melalukan foto selfie atau memotret di tempat yang minim cahaya.

– Temukan Lampu Terdekat
Langkah mudahnya, cari dan tentukan spot foto yang dekat dengan sumber pencahayaan. Contohnya lampu terdekat yang ada di dekat objek pemotretan. Walaupun mungkin lampunya tidak seberapa terang, tapi tetaplah akan sangat membantu memberikan dukungan pencahayaan untuk hasil foto lebih terang dan baik. Setidaknya wajah kita akan terlihat.

– Pakai Lampu LED Eksternal
Sebenarnya cara ini mirip dengan penggunaan lampu senter dari perangkat smartphone lainnya. Cuma di sini pengguna diajarkan membuat perangkat flash eksternal dengan mengandalkan lampu LED dan beberapa komponen lainnya secara DIY (do it yourself). Di YouTube, video yang diunggah lewat chanel ‘How to Raju’ memperlihatkan cara menciptakan flash eksternal dengan memanfaatkan lampu LED 3 watt.

– Manfaatkan Flash LED Depan

Cara ini yang sebenarnya lebih ideal untuk dapat mendukung hasil foto selfie yang lebih mumpuni. Menggunakan lampu flash LED depan, hasil jepretan selfie bakal tampak terang dan detil walaupun di kondisi cahaya minim sekalipun. Dan ini bisa difungsikan di manapun dan kapan pun. Baik untuk selfie sendirian atau pun bersama-sama (wefie).

prime7s-style

Saat ini pun sudah banyak smartphone yang sudah menjejalkan kamera depan yang disokong lampu flash LED. Salah satunya yakni Polytron Prime 7S, yang dirilis pada November lalu. Ponsel ini tampil bersama kamera selfie yang terbilang beresolusi tinggi yakni 8 MP.

Kamera depan Prime 7S itu pun memiliki sudut tembak alias sudut tangkap foto lebar, 84 derajat (wide angle) yang berarti ideal untuk berfoto selfie bersama sekalipun. Foto selfie yang tertangkap bisa jauh lebih lebar dan luas ketimbang ponsel lain sekelas. Dan tentunya terang dan detail berkat hadirnya lampu flash LED.

Polytron Prime 7S pun memiliki kamera utama yang oke. Smartphone yang mengusung konsep desain mewah ‘smart luxury phone’ ini dilengkapi dengan kamera belakang 16-megapiksel, dengan fitur lSOCELL plus Dual-Tone Flash yang diyakinkan mampu menghasilkan foto terbaik dengan warna alami. Tentunya pemotretan di kondisi minim cahaya tak ada masalah sedikitpun. Apalagi sudah disokong fitur PDAF (Phase Detection Autofokus) untuk mengunci fokus secara cepat dan akurat, kurang dari 0,3 detik.

Melihat hal di atas, bisa dibilang Polytron Prime 7S bisa menjadi salah satu smartphone yang menarik untuk aktifitas selfie. Juga untuk fotografi dalam kegiatan keseharian.

Kiranya tips-tips sederhana di atas bisa untuk dicoba. Yang pasti, jika ingin berselfie sebaiknya pilih smartphone yang memiliki dukungan lampu flash depan. Atau setidaknya memiliki kemampuan untuk memberikan penerangan lebih saat berfoto di kondisi cahaya minim (malam hari), semisal dengan fitur screenflash, dimana memanfaatkan pencahayaan layar untuk membantu penerangan. (*/wr)

sumber : https://m.tabloidpulsa.co.id/news/28419-tips-berfoto-saat-kondisi-minim-cahaya-bagi-pemula

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s