Investasi Besar dari Semen Indonesia


9.JPG

Menurut data dari Kementerian Perindustrian, telah ada sebanyak 12 investor yang siap menggelontorkan dana sekitar US$ 6,68 miliar (Rp 65,03 triliun) untuk membangun pabrik semen di Indonesia pada 2013-2017. Investasi tersebut akan melambungkan kapasitas produksi semen di Tanah Air menjadi 108,77 juta ton, atau bertambah 48,3 juta ton dari akhir 2012 sebanyak 60,47 juta ton.

Sebagai perusahaan milik BUMN, Semen Indonesia memiliki kewajiban untuk memenuhi cita-cita para pejuang dalam mengisi kemerdekaan. Pembangunan Semen Indonesia juga bagian dari upaya untuk membangun kesejahteraan bangsa. Meskipun dalam pendiriannya di Rembang menuai kontroversi, namun Semen Indonesia akan tetap bertahan sebab memiliki investasi besar yang juga memberikan keuntungan besar untuk perekonomian masyarakat Rembang pada khusunya dan Indonesia pada umumnya.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyatakan pembangunan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah, telah mencapai 95 persen dan ditargetkan mampu beroperasi pada akhir tahun 2016. Meskipun masih ada beberapa “PR’ yang harus diselesaikan untuk meyakinkan para penolaknya, namun pendirian pabrik semen di Rembang akan tetap berjalan dengan baik dan aman.

Jika ditinjau kembali, tujuan didirikannya Semen Indonesia di Rembang adalah untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Disamping itu, Rembang dipilih sebagai tempat pendirian pabrik Semen karena melihat konsumsi atau pengguna Semen untuk bangunan paling banyak berasal dari pulau Jawa. Hal ini disebabkan banyaknya penduduk yang tinggal di pulau Jawa, sehingga menjadikan Jawa sebagai Pulau yang paling banyak konsumennya. Selanjutnya disusul oleh Pulau Sumatera dan berikutnya Sulawesi.

Di Rembang sendiri, berdirinya pabrik semen di daerah ini selain membangun titik baru pertumbuhan ekonomi juga menegaskan kesiapannya sebagai daerah tujuan investasi berskala besar

Permintaan semen di masa mendatang akan kian meningkat bersamaan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin stabil, selain itu besarnya belanja infrastruktur pemerintah, serta kian makmurnya penduduk juga mempengaruhi adanya peningkatan tersebut.

Sumber : (https://indonesiana.tempo.co/read/99161/2016/11/17/Kitabanggaindonesia/investasi-besar-dari-semen-indonesia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s