ganjar

Pekanbaru – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penghargaan kepada Pemprov Jawa Tengah (Jateng) sebagai pemerintahan dalam pengendalian dan pencegahan korupsi. Pemberian penghargaan ini dilakukan di Pekanbaru sebagai tuan rumah Hari AntiKorupsi Internasional (HAKI).

“Pemprov Jateng yang terbaik dari sejumlah provinsi lainnya dalam pengendalian dan pelaporan gratifikasi. Parameternya, karena kita melihat ada unit-unit yang dibentuk dalam koordinasi dalam pencegahan gratifikasi,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam acara HAKI yang berpusat di Pekanbaru, Jumat (8/12/2016).

Menurut Agus, pihaknya memberikan penilaian ini ke seluruh pemerintah daerah di Indonesia. Sistem pemerintahan yang dilaksanakan Jateng selama ini dinilai yang paling terbaik dan berdampak positif ke publik.

“Kiranya apa yang diraih Pemprov Jateng ini bisa menjadi contoh pemerintah daerah lainnya,” kata Agus.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang menerima penghargaan di Hotel Aryaduta Pekanbaru, mengatakan, bahwa untuk mencegah korupsi kolusi dan nepotisme sangat mudah.

“Nggak susah kok. Kuncinya adalah mau atau tidak saja. Kalau ada niat dan bersepakat, tentunya bisa,” kata Ganjar.

Ganjar bercerita, bahwa penghargaan tersebut diterima untuk kedua kalinya. Pada tahun 2015, Pemprov Jateng juga menerima penghargaan yang sama dari KPK.

“Saya juga memberikan contoh untuk selalu menyerahkan semua barang-barang gratifikasi ke KPK,” kata Ganjar.

sumber : https://news.detik.com/berita/3367369/kpk-berikan-penghargaan-pencegahan-korupsi-terbaik-ke-pemprov-jateng